Radar URL

Sabtu, 09 Februari 2013

Sosial Media Tak Akan "Matikan" Media Mainstream


Perkembangan sosial media sebagai media pertukaraan informasi nampaknya menjadi ancaman bagi keberlangsungan media mainstream. Namun menurut Corporate Secretary MNC Media Group, Arya Mahendra Sinulingga, media sosial justru membantu dalam mendistribusi konten mediamainstream.

"Tidak perlu diperdebatkan sosial media dapat mematikan fungsi media mainstream, pasalnya sosial media justru membantu distribusi konten media mainstream," tutur Arya Mahendra Sinulingga, Corporate Secretary MNC Media Group, saat menghadiri Seminar Nasional Media Literasi pada Era Digital yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Jakarta, Kamis,(12/7/2012).

Arya menambahkan, penetrasi pengguna internet yang makin tinggi justru memunculkan peluang baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Perkembangan internet akan semakin tinggi dan penggunaan sosial media yang semakin tinggi justru menimbulkan peluang baru," tuturnya.

Meski begitu, ia tak menampik  banyak akun sosial media yang menyajikan informasi dan berpotensi sebagai media baru (new media) yang dapat menggeser media mainstream. Namun, media mainstreammemiliki kelebihan dalam menyajikan informasi yang konsisten yang tidak bisa dilakukan oleh pemilik akun sosial media.

"Memang ada beberapa akun yang berperan dalam memberikan informasi ke masyarakat, namun media mainstream memiliki keuntungan lebih. Pasalnya kami (media mainstream) memiliki konsistensi dalam memproduksi konten. Dan itu tak bisa dimiliki oleh sosial media, meskipun ada mereka harus memiliki beberapa user untuk meng-update informasinya," tegasnya.

Menurutnya, ini bukan merupakan pertentangan, antara media mainstream dan sosial media, justru media mainstream akan bersinergi dalam melakukan distribusi informasi. “Dan sosial media tumbuh pesat berkat keberadaan media mainstream," pungkasnya.


source: http://techno.okezone.com/read/2012/07/12/55/662443/sosial-media-tak-akan-matikan-media-mainstream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar